Logo

Logo
BSB Study Solutions

Kamis, 18 Mei 2023

SIMULASI 5 – Lesson Learn

 Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Lesson Learn. Happy Reading!!!

 


(Aktivitas ini mirip dengan Blog pada umumnya yang dapat dikelola oleh individu dan merupakan kumpulan pemikiran, refleksi, informasi, dan lain lain. Seperti Blog biasanya, pada aktivitas ini Anda dapat menggabungkan teks, gambar, dan tautan ke blog lain, halaman web, dan media lain yang terkait dengan topiknya.

Salah satu fitur yang menarik adalah komentar. Anda dapat melihat tulisan yang sudah dibuat oleh peserta lain dan memberikan komentar positif. Dengan melihat tulisan blog peserta lain dan saling berkomentar akan membentuk pengetahuan yang lebih luas dan membangun koneksi sosial antar peserta.)

Untuk mensimulasikan aktivitas blog ini, silakan jawab pertanyaan reflektif dibawah ini.

Pada saat ini, Anda baru saja melewati rangkaian pengalaman belajar yang jika tidak dengan sengaja kita maknai pembelajarannya maka semua akan hilang begitu saja. Oleh karena itu, pada bagian ini Anda akan meninjau kembali perjalanan penggunaan LMS Platform Belajar. Silahkan Anda ingat-ingat kembali jawaban Anda pada bagian Mulai Dari Diri, terutama pada bagian nilai dan peran Anda. Silahkan Anda renungkan, kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Apa lesson learn yang diperoleh setelah melakukan proses pembelajaran?

Jawaban:

Lesson learned yaitu sebuah dokumen yang didapatkan dari proses pembelajaran dari aktivitas yang dialami. Ini dapat didapatkan baik dari pengalaman yang dialami sendiri ataupun dari orang lain. Lesson learned dapat dijadikan sebuah dokumen aset untuk  process continous improvement individu maupun organisasi. 

Lesson learn yang saya peroleh setelah melakukan proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Belajar dari kesalahan apa yang pernah dilakukan;
  2. Mengulangi good practice atau hasil yang baik;
  3. Menghindari atau mencegah kesalahan (bad practice atau bad experience) terulang kembali;
  4. Memitigasi risiko yang sama buat timbul pada proyek yang baru;
  5. Bisa menduplikasi proses yang dengan lebih baik;
  6. Katalis untuk meningkatkan kecepatan proses pembelajaran personal ataupun organisasi.

 

LMS sebagai Platform Belajar

Simulasi penggunaan LMS Platform dapat membantu mahasiswa dalam memahami penggunaan masing-masing fitur yang tersedia pada LMS. Dengan menggunakan LMS juga kita dapat belajar mandiri, mencari tahu tentang topik atau pun materi yang telah dijelaskan oleh pendidik. Materi yang diberikan oleh pendidik mungkin belum semua tecerna dengan baik sehingga lewat tugas yang ada pada LMS dapat memberi kesempatan buat kita sebagai peserta belajar dan mencari tau akan topik yang sudah selesai dibahas. Tugas yang diberikannya pun berbagai macam ragam. Dari menyebutkan, memberikan alasan, uraian, pendapat sampai kepada mind mapping. Ini bertujuan agar peserta belajar lebih dan melatih diri dengan tugas-tugas yang diberikan

 

Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.

0 komentar:

Posting Komentar

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang emotional learn...