Logo

Logo
BSB Study Solutions

Kamis, 04 Mei 2023

Mulai Dari Diri TOPIK 1 FILOSOFI PENDIDIKAN - Siapa saya sebagai seorang Guru?

 Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang seorang guru. Happy Reading!!!

 


01.01.2-T1-1 Mulai dari Diri - Siapa saya sebagai seorang Guru?

Salam dan Bahagia,

Pada awal tahap belajar alur MERDEKA yaitu Mulai dari Diri, Anda membuat sebuah tulisan reflektif tentang sebuah keputusan besar dalam hidup Anda memilih profesi guru sebagai pilihan yang mulia. Pada tahap ini Anda menonton video “Mengenal Diri dan Perannya sebagai Guru” dan “Mendidik Menyeluruh” sebagai awal Anda menulis.

Setelah menonton kedua video ini, maka proses refleksi Anda dapat diawali dengan beberapa pertanyaan di bawah untuk mengingat kembali pengalaman Anda ketika masih bersekolah. Maknai dan hayati pertanyaan-pertanyaan ini sebagai panduan Anda menulis tulisan reflektif Anda.

Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)

Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?

Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?

Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?  

Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu? Apa yang Anda lakukan?


Panduan menulis tulisan reflektif

Setelah menonton 2 video dan memaknai panggilan diri menjadi seorang guru, Anda diminta menuliskan sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan.

Berikut adalah pertanyaan panduan tulisan reflektif Anda:

Siapa saya saat ini?

Mengapa saya memilih menjadi guru?

Bagaimana saya bisa menjadi guru yang berpihak pada peserta didik?


Jawaban:

Saya memilih untuk menjadi guru karena saya ingin menjadi salah satu orang yang berperan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, serta memandang profesi sebagai guru adalah pekerjaan mulia. Berdasarkan hal tersebut karena saya juga memiliki pengalaman yang membuat saya rindu bersekolah yaitu saat berada dimana saya berjuang dengan teman-teman untuk mendapatkan nilai yang bagus saat ulangan. Saya dan teman sebangku saya sering melakukan ini ketika akan ulangan, kami akan melatih kemampuan kami satu sama lain dengan menargetkan nilai dan harus melewati nilai itu saat hasil ulangan dibagikan. Ini membuat kami bersemangat belajar untuk mencapai target.

Peristiwa ini membuat saya merasa berkembang dalam pembelajaran karena perlahan lahan saya menyadari bahwa peran seorang guru untuk menumbuhkan semangat yang demikian juga amat berpengaruh, dan saat itulah saya mulai terpikir untuk menjadi guru serta memberikan nilai-nilai positif terhadap peserta didik agar memilki motivasi tersendiri untuk belajar.

Saya memiliki guru yang saya kagumi, atau boleh disebut dengan sangat saya kagumi. Beliau adalah sosok yang membuat saya memilih matematika sebagai pelajaran favorit. Hal baik yang saya pelajari dari beliau dan saya adaptasi adalah cara mengajar yang tegas dan disiplin terhadap waktu. Saya menerapkan itu karena saya berpikir dengan kita disiplin dan tegas itu akan membuat peserta didik mampu menghargai setiap ilmu yang mereka peroleh. Dan juga hal ini membuat saya berpihak pada peserta didik dengan mengajarkan mereka tentang kedisiplinan dan menghargai ilmu yang mereka peroleh.

Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.

0 komentar:

Posting Komentar

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang emotional learn...