Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pembelajaran Pradigma Baru. Happy Reading!!!
Setelah menyaksikan video, selesaikan lembar kerja 1 (LK 1) berikut ini. Anda dapat merujuk berbagai sumber atau referensi dalam merespon lembar kerja tersebut dalam rangka memperluas pemahaman Anda tentang konsep pembelajaran paradigma baru.
Soal 1
Salah satu karakteristik pembelajaran paradigma baru adalah proses pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Silakan ilustrasikan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memberikan contoh-contoh secara konkrit.
Jawaban:
Pembelajaran berpusat pada peserta didik merupakan pembelajaran yang lebih
berpusat pada kebutuhan dan kemampuan siswa, sehingga pembelajaran akan menjadi
bermakna. Dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik
menghasilkan peserta didik yang aktif, mandiri, tidak bergantung pada pengajar,
melainkan mampu bersaing atau berkompetisi.
Contoh: Siswa dapat belajar secara individu maupun berkelompok, namun dalam mempresentasikan hasil belajaranya peserta didik dapat memilih cara mempresentasikan yang mereka sukai. Misalnya ada peserta didik yang ingin mempresentasikan dengan mind mapping atau ada peserta didik yang ingin menampilkan dengan power point dan video, itu dibolehkan mereka untuk memilih caranya masing-masing.
Soal 2
Apa yang menjadi pertimbangan ketika guru diberikan kemerdekaan dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen?
Jawaban:
yang menjadi pertimbangam guru yang diberikan kemerdekaan dalam merumuskan
rancangan pembelajaran dan asesmen, yaitu:
- Pendidik
terlebih dahulu mampu melihat bagaimana karakter, potensi,daya tangkap yang
dimiliki oleh masing-masing peserta didik, tindakan ini dilakukan dengan tujuan
dapat melakukan inovasi terhadap metode pembelajaran sehingga peserta didik
dengan karakter, potensi dan daya tanggap berbeda dapat memahami konsep
berdasarkan cara mereka masing-masing.
- bisa
lebih mengetahui kebutuhan murid dan situasi di kelas/sekolahnya serta
berdasarkan hal tersebut akan menghasilkan tujuan modul ajar/bahan ajar yang
jelas.
- Pelaksanaan evaluasi berlandaskan pada tujuan pelaksanaan asesmen penggunaan instrument untuk memperoleh umpan balik dari peserta didik. Dalam hal ini dapat berupa tercapai atau tidaknya capaian pembelajaran sesuai dengan standar yang ditentukan.
Jawaban: sesuai dengan pembelajaran paradigma baru standar kompetensi ini dinamakan dengan capaian pembelajaran (CP). Capaian pembelajaran merupakan kompetensi dan karakter yang dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Standar kompetensi ini berkaitan erat dengan proses pembelajaran dan asesmen. Standar kompetensi ini dapat digunakan untuk menentukan arah tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penyusunan perencanaan proses pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, supaya proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang ada. Perancangan asesmen juga harus mempertimbangkan proses pembelajaran dan selaras dengan standar kompetensi yang telah ditentukan, sehingga peserta didik dapat memenuhi kriteria kompetensi dan karakter setelah menyelesaikan pembelajaran.
Soal 4
Menurut pembelajaran paradigma baru, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses asesmen dilakukan guna memastikan tercapainya Profil Pelajar Pancasila. Jelaskan bagaimana karakteristik Profil Pelajar Pancasila itu!
Jawaban: Karakteristik Profil Pelajar Pancasila terdiri atas enam dimesi yaitu:
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dengan elemen; akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. Hal ini berarti peserta didik diharapkan memiliki hubungan yang baik terhadap Tuhan dengan menerapkan ajaran sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Berkebinekaan global, dengan elemen; mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, serta refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan. Hal ini berarti peserta didik diharapkan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda, mengembangkan sikap toleransi dengan sesama serta mempunyai pikiran yang terbuka dalam menyikapi perbedaan yang ada
- Bergotong royong, dengan elemen; kolaborasi, kepeduliaan dan berbagi. Hal ini menunjukkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa saling peduli terhadap sesama yang memerlukan bantuan serta dapat melakukan kolaborasi dengan sesama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan
- Mandiri, dengan elemen; kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, serta regulasi diri. Mandiri berarti peserta didik dapat menempatkan dirinya didalam menghadapi suatu kondisi serta bertanggung jawab atas hasil belajarnya, contohnya mengerjakan ulangan dengan jujur
- Bernalar kritis, dengan elemen; memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, refleksi pemikiran dan proses berpikir, serta mengambil keputusan. Bernalar kritis artinya peserta didik dapat mengolah informasi yang didapatkan, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan informasi yang didapat selama proses pembelajaran, mampu merefleksikan hasil pembelajarannya serta mampu mengambil keputusan atas permasalahanyang dihadapi
- Kreatif, dengan elemen; menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal. Kreatif berarti peserta didik mampu menghasilkan karya orisinil dengan cara mengembangkan, memodifikasi, atau menghasilkan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
Soal 5
Pembelajaran paradigma baru sangat memperhatikan karakteristik belajar peserta didik. Ceritakan bagaimana guru seharusnya merencanakan pembelajaran dan asesmen (as learning, for learning, of learning) jika dikaitkan dengan karakteristik peserta didik!Jawaban:
Berdasarkan dari
karakteristik peserta didik,
guru sebaiknya menyusun
rencana pembelajaran dan asesmen
yang disesuaikan dengan
karakter peserta didik
namun harus menggunakan pertimbangan
lain pula seperti
kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik. Dalam
merencanakan pembelajaran dan
asesmen, guru dapat menilai
peserta didik dengan
3 pendekatan yakni
assessment for learning, assessment as
learning, dan assessment
of learning.
Assessment for
learning dilakukan selama
proses pembelajaran berlangsung
dan dapat digunakan
sebagai dasar untuk melakukan
perbaikan proses belajar
mengajar, maka guru
dapat menyiapkan penilaian formatif,
misalnya tugas, kuis,
presentasi, proyek sebagai penilaian proses
belajar peserta didik.
Dengan assessment for
learning guru dapat menganalisis dan
memantau kemajuan peserta
didik. Hal ini
dapat dicontohkan peserta didik
yang kurang dalam
kemampuan mengingat sehingga
hasil penilaian sumatifnya kurang
memuaskan, tetapi dapat berperan aktif didalam diskusi grup dan dapat
menjelaskan dengan baik saat presentasi, dari hal inilah guru bisa menganalisis
karakteristik yang berbeda pada tiap peserta didik.
Assessment as learning
memiliki fungsi yang mirip
dengan assessment for
learning, yaitu berfungsi
sebagai formatif dan dilaksanakan
selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as learning
melibatkan peserta didik
secara aktif dalam
kegiatan penilaian tersebut. Oleh karena
itu, guru dapat
merencanakan penilaian berupa
penilaian diri (self assessment) dan penilaian antar teman
dengan rubrik penilaian yang jelas.
Assessment of learning merupakan penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai, maka guru dapat menyiapkan asesmen diakhir pembelajaran berupa asesmen sumatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.
Soal 6
Ceritakan apa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yang efektif!
- Menganalisis capaian pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.
- Merencanakan dan melaksanakan asesmen diagnostik.
- Mengembangkan modul ajar.
- Menyesuaikan proses pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik.
- Merencanakan, melaksanakan, dan mengolah asesmen formatif dan sumatif.
- Melaporkan hasil belajar.
Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.
0 komentar:
Posting Komentar