Logo

Logo
BSB Study Solutions

Selasa, 09 Mei 2023

LK 1 Eksplorasi Konsep TOPIK 1 PENGEMBANGAN ASESMEN - Pembelajaran Pradigma Baru

Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pembelajaran Pradigma Baru. Happy Reading!!!

 


Setelah menyaksikan video, selesaikan lembar kerja 1 (LK 1) berikut ini. Anda dapat merujuk berbagai sumber atau referensi dalam merespon lembar kerja tersebut dalam rangka memperluas pemahaman Anda tentang konsep pembelajaran paradigma baru.

Soal 1

Salah satu karakteristik pembelajaran paradigma baru adalah proses pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Silakan ilustrasikan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memberikan contoh-contoh secara konkrit.

Jawaban: Pembelajaran berpusat pada peserta didik merupakan pembelajaran yang lebih berpusat pada kebutuhan dan kemampuan siswa, sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna. Dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik menghasilkan peserta didik yang aktif, mandiri, tidak bergantung pada pengajar, melainkan mampu bersaing atau berkompetisi.

Contoh: Siswa dapat belajar secara individu maupun berkelompok, namun dalam mempresentasikan hasil belajaranya peserta didik dapat memilih cara mempresentasikan yang mereka sukai. Misalnya ada peserta didik yang ingin mempresentasikan dengan mind mapping atau ada peserta didik yang ingin menampilkan dengan power point dan video, itu dibolehkan mereka untuk memilih caranya masing-masing.

Soal 2

Apa yang menjadi pertimbangan ketika guru diberikan kemerdekaan dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen?

Jawaban: yang menjadi pertimbangam guru yang diberikan kemerdekaan dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen, yaitu:

  • Pendidik terlebih dahulu mampu melihat bagaimana karakter, potensi,daya tangkap yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, tindakan ini dilakukan dengan tujuan dapat melakukan inovasi terhadap metode pembelajaran sehingga peserta didik dengan karakter, potensi dan daya tanggap berbeda dapat memahami konsep berdasarkan cara mereka masing-masing.
  • bisa lebih mengetahui kebutuhan murid dan situasi di kelas/sekolahnya serta berdasarkan hal tersebut akan menghasilkan tujuan modul ajar/bahan ajar yang jelas.
  • Pelaksanaan evaluasi berlandaskan pada tujuan pelaksanaan asesmen penggunaan instrument untuk memperoleh umpan balik dari peserta didik. Dalam hal ini dapat berupa tercapai atau tidaknya capaian pembelajaran sesuai dengan standar yang ditentukan.
Soal 3

Pembelajaran paradigma baru dilaksanakan dalam satu siklus yang meliputi tiga tahapan yang saling berkaitan, yaitu pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran, dan perencanaan asesmen. Gambarkan secara ringkas bagaimana kaitan dari ketiga tahapan tersebut!

Jawaban: sesuai dengan pembelajaran  paradigma  baru  standar  kompetensi  ini  dinamakan  dengan capaian  pembelajaran  (CP).  Capaian  pembelajaran  merupakan  kompetensi  dan karakter  yang  dicapai  setelah  menyelesaikan  pembelajaran  dalam  kurun  waktu tertentu. Standar kompetensi ini berkaitan erat dengan proses pembelajaran dan asesmen. Standar kompetensi ini dapat digunakan untuk menentukan arah tujuan pembelajaran.  Oleh  karena  itu,  penyusunan  perencanaan  proses  pembelajaran  harus  disesuaikan dengan  tujuan  pembelajaran,  supaya  proses  pembelajaran  sesuai  dengan  capaian pembelajaran yang ada. Perancangan asesmen juga harus mempertimbangkan proses pembelajaran dan selaras dengan standar kompetensi yang telah ditentukan, sehingga peserta didik dapat memenuhi kriteria kompetensi dan karakter setelah menyelesaikan pembelajaran.

Soal 4

Menurut pembelajaran paradigma baru, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses asesmen dilakukan guna memastikan tercapainya Profil Pelajar Pancasila.  Jelaskan bagaimana karakteristik Profil Pelajar Pancasila itu!

Jawaban: Karakteristik Profil Pelajar Pancasila terdiri atas enam dimesi yaitu:

  1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dengan elemen; akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. Hal  ini  berarti  peserta  didik  diharapkan  memiliki  hubungan  yang  baik  terhadap Tuhan  dengan  menerapkan  ajaran  sesuai  dengan  kepercayaan  yang  dianutnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  2. Berkebinekaan  global,  dengan  elemen;  mengenal  dan  menghargai  budaya, kemampuan  komunikasi  interkultural  dalam  berinteraksi  dengan  sesama,  serta refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan. Hal  ini  berarti  peserta  didik  diharapkan  menjunjung  tinggi  rasa  persatuan  dan kesatuan dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda, mengembangkan sikap  toleransi  dengan  sesama  serta  mempunyai  pikiran  yang  terbuka  dalam menyikapi perbedaan yang ada
  3. Bergotong royong, dengan elemen; kolaborasi, kepeduliaan dan berbagi. Hal  ini  menunjukkan  peserta  didik  dapat  menumbuhkan  rasa  saling  peduli terhadap  sesama  yang  memerlukan  bantuan  serta  dapat  melakukan  kolaborasi dengan sesama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan
  4. Mandiri,  dengan  elemen;  kesadaran  akan  diri  dan  situasi  yang  dihadapi,  serta regulasi diri. Mandiri  berarti  peserta  didik  dapat  menempatkan  dirinya  didalam  menghadapi suatu  kondisi  serta  bertanggung  jawab  atas  hasil  belajarnya,  contohnya mengerjakan ulangan dengan jujur
  5. Bernalar  kritis,  dengan  elemen;  memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, refleksi pemikiran dan proses berpikir, serta mengambil keputusan. Bernalar kritis  artinya peserta didik dapat mengolah informasi  yang didapatkan, menganalisis,  mengevaluasi,  menyimpulkan  informasi  yang  didapat  selama proses pembelajaran, mampu merefleksikan hasil  pembelajarannya serta mampu mengambil keputusan atas permasalahanyang dihadapi
  6. Kreatif, dengan elemen; menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal. Kreatif  berarti  peserta  didik  mampu  menghasilkan  karya  orisinil  dengan  cara mengembangkan,  memodifikasi,  atau  menghasilkan  sesuatu  yang  baru  yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Soal 5

Pembelajaran paradigma baru sangat memperhatikan karakteristik belajar peserta didik. Ceritakan bagaimana guru seharusnya merencanakan pembelajaran dan asesmen (as learning, for learning, of learning) jika dikaitkan dengan karakteristik peserta didik!

Jawaban:

Berdasarkan  dari  karakteristik  peserta  didik,  guru  sebaiknya  menyusun  rencana pembelajaran  dan  asesmen  yang  disesuaikan  dengan  karakter  peserta  didik  namun harus  menggunakan  pertimbangan  lain  pula  seperti  kebutuhan  dan  tahap perkembangan peserta didik.  Dalam  merencanakan pembelajaran dan  asesmen,  guru dapat  menilai  peserta  didik  dengan  3  pendekatan  yakni  assessment  for  learning, assessment  as  learning,  dan  assessment  of  learning.

Assessment  for  learning dilakukan  selama  proses  pembelajaran  berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai dasar  untuk  melakukan  perbaikan  proses  belajar  mengajar,  maka  guru  dapat menyiapkan  penilaian  formatif,  misalnya  tugas,  kuis,  presentasi,  proyek  sebagai penilaian  proses  belajar  peserta  didik.  Dengan  assessment  for  learning  guru  dapat menganalisis  dan  memantau  kemajuan  peserta  didik.  Hal  ini  dapat  dicontohkan peserta  didik  yang  kurang  dalam  kemampuan  mengingat  sehingga  hasil  penilaian sumatifnya kurang memuaskan, tetapi dapat berperan aktif didalam diskusi grup dan dapat menjelaskan dengan baik saat presentasi, dari hal inilah guru bisa menganalisis karakteristik yang berbeda pada tiap peserta didik.

Assessment as learning memiliki fungsi  yang  mirip  dengan  assessment  for  learning,  yaitu  berfungsi  sebagai  formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as  learning  melibatkan  peserta  didik  secara  aktif  dalam  kegiatan  penilaian  tersebut. Oleh  karena  itu,  guru  dapat  merencanakan  penilaian  berupa  penilaian  diri  (self assessment) dan penilaian antar teman dengan rubrik penilaian yang jelas.

Assessment of  learning  merupakan  penilaian  yang  dilaksanakan  setelah  proses  pembelajaran selesai, maka guru dapat menyiapkan asesmen diakhir pembelajaran berupa asesmen sumatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.

Soal 6

Ceritakan apa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru yang efektif!

  1. Menganalisis capaian pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.
  2. Merencanakan dan melaksanakan asesmen diagnostik.
  3. Mengembangkan modul ajar.
  4. Menyesuaikan proses pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik.
  5. Merencanakan, melaksanakan, dan mengolah asesmen formatif dan sumatif.
  6. Melaporkan hasil belajar.

 

Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.

0 komentar:

Posting Komentar

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang emotional learn...