Logo

Logo
BSB Study Solutions

Minggu, 28 Mei 2023

Eksplorasi Konsep TOPIK 1 COMPUTATIONAL THINKING – Contoh CT dalam Kehidupan Sehari-Hari

Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Contoh CT dalam Kehidupan Sehari-Hari. Happy Reading!!!



  1. Sampai saat ini, Anda sudah mendapatkan contoh-contoh implementasi CT dalam kehidupan sehari-hari. Dalam contoh-contoh tersebut, dapat dilihat bahwa CT dapat diterapkan dengan ataupun tanpa menggunakan “komputer”. Tuliskanlah hal atau persoalan apa yang zaman sekarang tidak memakai “komputer”, TIK, dan robot tapi membutuhkan CT!
  2. Tuliskan dan jelaskan minimal satu contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT dalam kehidupan sehari-hari! Contoh yang Anda berikan dapat mengandung lebih dari satu fondasi.

Jawablah pertanyaan diatas, kemudian Anda unggah pada aktifitas Eksplorasi Konsep - Unggah Lembar Kerja Mahasiswa

 

Jawaban:

Nomor 1

Sampai saat ini, Anda sudah mendapatkan contoh-contoh implementasi CT dalam kehidupan sehari-hari. Dalam contoh-contoh tersebut, dapat dilihat bahwa CT dapat diterapkan dengan ataupun tanpa menggunakan “komputer”. Tuliskanlah hal atau persoalan apa yang zaman sekarang tidak memakai “komputer”, TIK, dan robot tapi membutuhkan CT!

Jawaban:

1)      Membuat telur dadar dengan wajan kecil untuk satu orang

2)      Membuat teh panas  dengan gelas dan gula yang pas

3)      Memaasak nasi dengan air yang setara dengan beras

Nomor 2

Tuliskan dan jelaskan minimal satu contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT dalam kehidupan sehari-hari! Contoh yang Anda berikan dapat mengandung lebih dari satu fondasi

Jawaban:

Ketika Kitamura berkendara lalu mobilnya mogok dan bannya kempes.

Dekomposisi: Kitamura melihat dua masalah yang muncul yaitu mobilnya mogok (ban kempes)  dan bensinnya hampir habis

Pengenalan Pola : Kitamura pernah mengalami hal serupa atau pernah melihat orang lain mengalami hal yang sama, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengatasi ban kemps terlebih dahulu

Abstraksi : Bensin mobil Kitamura tinggal sedikit, namun masih cukup untuk pergi ke pom bensin, tapi itu bukanlah hal yang harus dilakukan pertama kali. Maka max harus focus dulu dengan ban kempesnya.

Algoritma : Lalu Kitamura mulai mengganti ban kempes dengan menggunakan dongkrak untuk mendongkrak mobil, dan setelah itu melepas baut pada ban yang kemps, dan mengganti dengan ban yang baru.

 

Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.

0 komentar:

Posting Komentar

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang emotional learn...