Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang teori belajar dan motivasi belajar. Happy Reading!!!
Belajar mengajar
merupakan proses yang penting dalam pendidikan. Bahkan, tidak jarang hasil dari
pendidikan ditentukan oleh keberhasilan proses belajar mengajar ini. Memastikan
pemahaman peserta didik dan pembelajarannya menjadi tanggung jawab utama
seorang guru saat pembelajaran di kelas. Untuk mendukung proses tersebut,
pendidik harus mempelajari teori-teori tentang belajar. Dengan mempelajari
teori belajar, pendidik akan dapat lebih mudah dalam memahami hakikat belajar
dan membuat kerangka dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sebelum masuk
ke materi yang lebih mendalam, jawablah pertanyaan pada halaman berikutnya.
Pertanyaan 1:
Mengapa proses belajar
menjadi penting dalam kegiatan pendidikan?
Jawaban:
Proses belajar menjadi
penting dalam kegiatan pendidikan karena dengan kita belajar maka pengetahuan
atau ilmu kita akan bertambah, pendidikan dan belajar satu paket dimana saling
berkaitan yaitu pendidikan yang kita ketahui sekarang ini adalah usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pertanyaan 2:
Setiap individu tentu
saja pernah mengenyam pendidikan formal. Ceritakan pengalaman menarik Anda,
ketika Anda menjadi seorang peserta didik yang berusaha memahami penjelasan
dari guru Anda. (Cerita diharapkan memuat gambaran kondisi pada saat itu, upaya
apa yang Anda lakukan untuk dapat memahami penjelasan guru, dan apa saja yang
dilakukan oleh guru Anda pada saat itu untuk membantu Anda memahami pelajaran
tersebut).
Jawaban:
Pengalaman menarik saya
ketika menjadi peserta didik adalah pada saat saya berada di kelas XI. pada
saat itu saya belajar kimia, guru saya menjelaskan materi di depan kelas. dan
saya tidak memahami materi yang diajarkan guru saya pada saat itu. untuk
memahami materi tersebut, saya menemui guru saya dan bertanya langsung kepada
beliau. kemudian beliau menjelaskan materi yang tidak saya pahami.
Pertanyaan 3:
Saat pembelajaran
berlangsung, seorang guru menyadari bahwa siswa di dalam kelas terlihat kurang
bersemangat mengikuti pembelajaran. Saat itu, guru berinisiatif untuk
memberikan hadiah kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan guru. Setelah satu bulan, guru itu tidak lagi memberikan hadiah kepada
siswa ketika berhasil menjawab pertanyaan guru. Akan tetapi, siswa tetap
bersemangat menjawab setiap pertanyaan, karena berharap akan mendapatkan hadiah
dari guru ketika berhasil menjawab dengan benar. Setelah menyadari tidak ada
hadiah lagi yang diberikan guru, para siswa kembali lagi kurang bersemangat
saat belajar.
Menurut Anda, apa yang
menyebabkan para siswa tersebut menampilkan perilaku seperti di awal
pembelajaran (kurang bersemangat saat belajar)? Jika Anda menjadi guru, apa
yang akan Anda lakukan agar semangat belajar siswa dapat bertahan walaupun
tidak mendapatkan hadiah?
Jawaban:
Hal yang akan saya
lakukan agar semangat belajar siswa bertahan walau tidak mendapat hadiah adalah
pertama, menjadi pribadi guru yang disenangi siswa, kedua menyiapakan bahan
materi yang menarik agar siswa tidak jenuh saat dikelas, ketiga menciptakan
suasana kelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat terlaksana
dengan baik.
Pertanyaan 4:
Dalam kegiatan
pertemuan tatap muka terbatas, pihak sekolah menempelkan poster perilaku hidup
bersih dan sehat di setiap sudut sekolah, untuk membuat siswa menyadari
pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat ketika berada di sekolah. Selain
itu, guru juga secara berkala mengingatkan dan memberikan contoh bagaimana
menerapkan perilaku hidup bersih kepada muridnya. Karena terbiasa melihat
poster dan perilaku guru di sekolah, para siswa selalu menerapkan perilaku
hidup bersih dan sehat saat berada di sekolah.
Menurut Anda, apa yang
menyebabkan para siswa tersebut mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih dan
sehat tanpa perlu diingatkan?
Jawaban:
Yang menyebabkan para
siswa tersebut mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat tanpa
perlu diingatkan lagi adalah: 1. Siswa sudah terbiasa hidup sehat dan bersih
dimanapun 2. Siswa melihat lingkungan dengan kondisi bersih dan juga ada poster
tentang hidup bersih, sehingga siswa dapat menyadari dengan sendirrinya
pentingnya hidup bersih
Pertanyaan 5:
Bayangkan jika Anda
adalah seorang guru matematika di kelas VII. Saat ini, anda hendak menyampaikan
materi mengenai matematika sosial yakni mencari nilai rata-rata (mean). Untuk
memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, Anda mencoba untuk membuat urutan
atau langkah-langkah yang perlu diikuti oleh siswa agar dapat mencari nilai
rata-rata pada sebuah soal. Anda meminta kepada siswa untuk mengerjakan soal
yang Anda berikan. Hasilnya, siswa mampu mengerjakan dengan benar, sesuai
dengan langkah yang telah Anda siapkan. Beberapa saat kemudian, Anda meminta
kepada siswa untuk mengulangi soal yang sama tanpa melihat urutan pengerjaan
soal, dan siswa mampu mengerjakannya dengan benar.
Menurut Anda, apa yang
membuat siswa mampu mengerjakan soal dengan baik pada percobaan kedua (tanpa
melihat urutan/langkah pengerjaan soal)?
Sebagai seorang calon guru, dalam kegiatan belajar yang seperti apa metode di
atas dapat diterapkan?
Jawaban:
Menurut saya yang
membuat siswa mampu mengerjakan soal dengan baik pada percobaan kedua (tanpa
melihat urutan/langkah pengerjaan soal) yaitu peserta didik tersebut dapat
memahami pembelajaran yang telah diberikan, sebagai pengajar atau guru atau
pendidik yang mengajar dia mengajarkan materi tersebut sesuai dengan urutan
langkah2, maka dari itu siswa atau peserta didik tersebut dapat mengerjakan
sesuai dengan langkah2 yang telah diberikan.
Pertanyaan 6:
Coba ingat-ingat
pengalaman Anda ketika sekolah (SD/SMP/SMA), guru apa saja yang dapat membuat
Anda tertarik mengikuti pembelajaran dan sebaliknya? Ceritakan sebuah
pengalaman menarik Anda berkaitan dengan cara Anda membangkitkan motivasi pada
diri Anda ketika menjadi seorang pelajar!
Jawaban:
Saat saya masih di
bangku SMA, saya sangat tertarik dengan pelajaran Matematika karena cara
mengajar guru saya yang selalu semangat dan menyenangkan dengan memberikan
beberapa metode dan media pembelajaran yang mampu memotivasi siswa sehingga
tidak bosan bagi saya mengikuti kelas beliau.
Pertanyaan 7:
Pernahkah anda
mendengar istilah mindset atau pola pikir? Menurut Anda, apakah mindset itu?
Apakah peran mindset dalam proses pembelajaran para peserta didik? Bagaimana
cara Anda mengembangkan mindset yang Anda miliki saat ini?
Jawaban:
Mindset adalah suatu
pola pikir bagaimana seseorang memandang sesuatu, mindset ini dalam proses
pembelajaran sangat penting karena akan mempengaruhi tingkah laku dan tindakan,
cara mengembangkannya adalah dengan cara membaca buku dan mencari pengetahuan
di luar.
Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.
0 komentar:
Posting Komentar