Logo

Logo
BSB Study Solutions

Kamis, 04 Mei 2023

Mulai Dari Diri TOPIK 1 PEMAHAMAN TENTANG PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARANNYA - Teori Belajar

Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang teori belajar dan motivasi belajar. Happy Reading!!!

 


Belajar mengajar merupakan proses yang penting dalam pendidikan. Bahkan, tidak jarang hasil dari pendidikan ditentukan oleh keberhasilan proses belajar mengajar ini. Memastikan pemahaman peserta didik dan pembelajarannya menjadi tanggung jawab utama seorang guru saat pembelajaran di kelas. Untuk mendukung proses tersebut, pendidik harus mempelajari teori-teori tentang belajar. Dengan mempelajari teori belajar, pendidik akan dapat lebih mudah dalam memahami hakikat belajar dan membuat kerangka dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sebelum masuk ke materi yang lebih mendalam, jawablah pertanyaan pada halaman berikutnya.


Pertanyaan 1:

Mengapa proses belajar menjadi penting dalam kegiatan pendidikan?

Jawaban:

Proses belajar menjadi penting dalam kegiatan pendidikan karena dengan kita belajar maka pengetahuan atau ilmu kita akan bertambah, pendidikan dan belajar satu paket dimana saling berkaitan yaitu pendidikan yang kita ketahui sekarang ini adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

                                                

Pertanyaan 2:

Setiap individu tentu saja pernah mengenyam pendidikan formal. Ceritakan pengalaman menarik Anda, ketika Anda menjadi seorang peserta didik yang berusaha memahami penjelasan dari guru Anda. (Cerita diharapkan memuat gambaran kondisi pada saat itu, upaya apa yang Anda lakukan untuk dapat memahami penjelasan guru, dan apa saja yang dilakukan oleh guru Anda pada saat itu untuk membantu Anda memahami pelajaran tersebut).

Jawaban:

Pengalaman menarik saya ketika menjadi peserta didik adalah pada saat saya berada di kelas XI. pada saat itu saya belajar kimia, guru saya menjelaskan materi di depan kelas. dan saya tidak memahami materi yang diajarkan guru saya pada saat itu. untuk memahami materi tersebut, saya menemui guru saya dan bertanya langsung kepada beliau. kemudian beliau menjelaskan materi yang tidak saya pahami.

 

Pertanyaan 3:

Saat pembelajaran berlangsung, seorang guru menyadari bahwa siswa di dalam kelas terlihat kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Saat itu, guru berinisiatif untuk memberikan hadiah kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Setelah satu bulan, guru itu tidak lagi memberikan hadiah kepada siswa ketika berhasil menjawab pertanyaan guru. Akan tetapi, siswa tetap bersemangat menjawab setiap pertanyaan, karena berharap akan mendapatkan hadiah dari guru ketika berhasil menjawab dengan benar. Setelah menyadari tidak ada hadiah lagi yang diberikan guru, para siswa kembali lagi kurang bersemangat saat belajar.

Menurut Anda, apa yang menyebabkan para siswa tersebut menampilkan perilaku seperti di awal pembelajaran (kurang bersemangat saat belajar)? Jika Anda menjadi guru, apa yang akan Anda lakukan agar semangat belajar siswa dapat bertahan walaupun tidak mendapatkan hadiah?

Jawaban:

Hal yang akan saya lakukan agar semangat belajar siswa bertahan walau tidak mendapat hadiah adalah pertama, menjadi pribadi guru yang disenangi siswa, kedua menyiapakan bahan materi yang menarik agar siswa tidak jenuh saat dikelas, ketiga menciptakan suasana kelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

 

Pertanyaan 4:

Dalam kegiatan pertemuan tatap muka terbatas, pihak sekolah menempelkan poster perilaku hidup bersih dan sehat di setiap sudut sekolah, untuk membuat siswa menyadari pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat ketika berada di sekolah. Selain itu, guru juga secara berkala mengingatkan dan memberikan contoh bagaimana menerapkan perilaku hidup bersih kepada muridnya. Karena terbiasa melihat poster dan perilaku guru di sekolah, para siswa selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat saat berada di sekolah.

Menurut Anda, apa yang menyebabkan para siswa tersebut mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat tanpa perlu diingatkan?

Jawaban:

Yang menyebabkan para siswa tersebut mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat tanpa perlu diingatkan lagi adalah: 1. Siswa sudah terbiasa hidup sehat dan bersih dimanapun 2. Siswa melihat lingkungan dengan kondisi bersih dan juga ada poster tentang hidup bersih, sehingga siswa dapat menyadari dengan sendirrinya pentingnya hidup bersih

 

Pertanyaan 5:

Bayangkan jika Anda adalah seorang guru matematika di kelas VII. Saat ini, anda hendak menyampaikan materi mengenai matematika sosial yakni mencari nilai rata-rata (mean). Untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, Anda mencoba untuk membuat urutan atau langkah-langkah yang perlu diikuti oleh siswa agar dapat mencari nilai rata-rata pada sebuah soal. Anda meminta kepada siswa untuk mengerjakan soal yang Anda berikan. Hasilnya, siswa mampu mengerjakan dengan benar, sesuai dengan langkah yang telah Anda siapkan. Beberapa saat kemudian, Anda meminta kepada siswa untuk mengulangi soal yang sama tanpa melihat urutan pengerjaan soal, dan siswa mampu mengerjakannya dengan benar.

Menurut Anda, apa yang membuat siswa mampu mengerjakan soal dengan baik pada percobaan kedua (tanpa melihat urutan/langkah  pengerjaan soal)? Sebagai seorang calon guru, dalam kegiatan belajar yang seperti apa metode di atas dapat diterapkan?

Jawaban:

Menurut saya yang membuat siswa mampu mengerjakan soal dengan baik pada percobaan kedua (tanpa melihat urutan/langkah pengerjaan soal) yaitu peserta didik tersebut dapat memahami pembelajaran yang telah diberikan, sebagai pengajar atau guru atau pendidik yang mengajar dia mengajarkan materi tersebut sesuai dengan urutan langkah2, maka dari itu siswa atau peserta didik tersebut dapat mengerjakan sesuai dengan langkah2 yang telah diberikan.

 

Pertanyaan 6:

Coba ingat-ingat pengalaman Anda ketika sekolah (SD/SMP/SMA), guru apa saja yang dapat membuat Anda tertarik mengikuti pembelajaran dan sebaliknya? Ceritakan sebuah pengalaman menarik Anda berkaitan dengan cara Anda membangkitkan motivasi pada diri Anda ketika menjadi seorang pelajar!

Jawaban:

Saat saya masih di bangku SMA, saya sangat tertarik dengan pelajaran Matematika karena cara mengajar guru saya yang selalu semangat dan menyenangkan dengan memberikan beberapa metode dan media pembelajaran yang mampu memotivasi siswa sehingga tidak bosan bagi saya mengikuti kelas beliau.

 

Pertanyaan 7:

Pernahkah anda mendengar istilah mindset atau pola pikir? Menurut Anda, apakah mindset itu? Apakah peran mindset dalam proses pembelajaran para peserta didik? Bagaimana cara Anda mengembangkan mindset yang Anda miliki saat ini?

Jawaban:

Mindset adalah suatu pola pikir bagaimana seseorang memandang sesuatu, mindset ini dalam proses pembelajaran sangat penting karena akan mempengaruhi tingkah laku dan tindakan, cara mengembangkannya adalah dengan cara membaca buku dan mencari pengetahuan di luar.

 

Thanks for reading, don't forget your feedback. Have a nice day.

0 komentar:

Posting Komentar

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional

MULAI DARI DIRI Topik 1 – Pembelajaran Sosial Emosional Halo sobat study, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang emotional learn...